11 Persiapan Haji atau Umroh, Ini Rincian Penjelasannya

11 Persiapan Haji atau Umroh, Ini Rincian Penjelasannya

Ini-Rincian-Penjelasan-Terkait-Persiapan-Haji-atau-Umroh

Dalam melakukan segala sesuatu, persiapan ibadah haji atau umroh menjadi salah satu hal penting yang hendaknya dilakukan. Demikian pula dengan pelaksanaan ibadah Haji dan Umroh yang pastinya juga memerlukan persiapan yang matang. Perlu Sahabat Haji dan Umroh ketahui bahwa persiapan ibadah Haji atau Umroh yang matang akan mempengaruhi kelancaran kegiatan yang akan dijalani nantinya.

Salah satu cara untuk mematangkan persiapan sebelum melaksanakan ibadah Haji ataupun Umroh ialah menggali seluruh informasi penting seputar ibadah Haji dan Umroh. Supaya Sahabat Haji dan Umroh lebih siap dalam mematangkan persiapan sebelum keberangkatan ibadah Haji dan Umroh.

Yuk simak beberapa persiapan Haji dan Umroh penting berikut ini :

1. Bekali Diri dengan Informasi Seputar Ibadah Haji atau Umroh

Teruntuk Sahabat Haji dan Umroh yang akan berencana untuk melaksanakan ibadah di Tanah Suci, hendaknya membekali diri yang cukup seputar Ibadah Haji dan Umroh. Hal ini bertujuan supaya rencana pelaksanaan ibadah yang akan dilakukan berjalan dengan lancar. Sebisa mungkin Sahabat Haji dan Umroh dapat menggali informasi lebih dalam seputar Haji dan Umroh apabila berkeinginan beribadah ke Tanah Suci.

Perlu Sahabat Haji dan Umroh ketahui bahwa banyak sekali bekal informasi yang wajib diketahui seperti berapakah biaya pendaftaran program haji atau umroh, apa saja persyaratan untuk menjadi jemaah haji atau umroh hingga persiapan apa saja yang perlu dilakukan sebelum berangkat ke Tanah Suci. Hal tersebut menjadi pokok penting yang wajib diketahui. Untuk mendapatkan bekal informasi penting lainnya seputar Haji dan Umroh, Sahabat Haji dan Umroh dapat membaca artikel lainnya di website ini yaa.

2. Persiapkan Semua Dokumen Penting Haji dan Umroh

Ketika Sahabat Haji dan Umroh berencana untuk mendaftar pelaksanaan ibadah haji dan umroh, dokumen penting yang hendaknya dipersiapkan antara lain :

  • Fotocopy ktp
  • Fotocopy kk
  • Pas foto 3×4 sesuai syarat dan ketentuan haji/umroh terbaru
  • Surat nikah bagi yang bersama mahramnya
  • Visa dan Paspor Asli

Perlu Sahabat Haji dan Umroh ketahui bahwa dokumen penting yang wajib dibawa pada saat keberangkatan ialah visa dan paspor. Karena visa dan paspor merupakan dokumen yang sangat penting apabila Sahabat Haji dan Umroh hendak memasuki negara tujuan. Sebab apabila visa dan paspor tak dibawa atau bahkan hilang, maka Sahabat Haji dan Umroh tak akan diperbolehkan masuk ke negara tujuan tersebut termasuk saat ke Tanah Suci. Oleh karena itu, sebelum keberangkatan berlangsung pastikan terlebih dahulu bahwa semua dokumen penting telah dipersiapkan untuk dibawa.

3. Persiapkan Ilmunya

Dalam melaksanakan ibadah Haji ataupun Umroh, tentunya terdapat serangkaian kegiatan yang harus dilakukan. Dan untuk melakukan rangkaian kegiatan tersebut, tentunya ada pedoman sesuai dengan tuntunan Rasulullah Saw. Pastinya, pada saat Sahabat Haji dan Umroh akan melaksanakan ibadah haji diperlukan bekal ilmu yang cukup terkait pelaksanaan kegiatan ibadah Haji ataupun Umroh.

Seperti beberapa hal dibawah ini yang Wajib dipelajari :

Wajib Pelajari Tata Cara Ibadah Haji, Sebelum Pergi ke Tanah Suci

Yuk Kenali, Syarat Sah Ibadah Haji dan Umroh yang Harus Dipenuhi

Bekal persiapan ilmu yang cukup ini bertujuan agar Sahabat Haji Plus dapat melaksanakan ibadah dengan maksimal dan memahami esensi dari setiap rangkaian ibadah yang dijalani tersebut. Tanpa ilmu yang cukup, pastinya Sahabat Haji dan Umroh akan kebingungan dan pada akhirnya tak maksimal dalam menjalankan ibadah. Oleh karena itu, persiapkan ilmunya sembari menunggu waktu keberangkatan tiba.

4. Harus Mengetahui Iklim dan Cuaca

Tahukah Sahabat Haji dan Umroh bahwa hendaknya Sahabat Haji dan Umroh sebelum melakukan keberangkatan harus mengetahui iklim dan cuaca di Tanah Suci. Hal ini bertujuan agar Sahabat Haji dan Umroh mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan dan dibawa dengan iklim dan cuaca yang sesuai. Misalnya, saat cuaca di Tanah Suci lagi terik, tentunya Sahabat Haji Plus dapat membawa kacamata hitam dan payung yang bisa digunakan pada saat berada di Tanah Suci. Untuk mengetahui informasi seputar iklim dan cuaca disana, Sahabat Haji dan Umroh dapat mencari informasinya terlebih dahulu di situs resmi

5. Persiapkan Biayanya

Tentunya Sahabat Haji dan Umroh memahami bahwa pelaksanaan ibadah Haji dan Umroh membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, bagi Sahabat Haji dan Umroh yang ingin melaksanakan ibadah haji hendaknya mulai menabung dan menyiapkan dana khusus untuk pelaksanaan ibadah Haji atau Umroh.

Untuk mengetahui besaran biaya yang perlu dikumpulkan, Sahabat Haji dan Umroh dapat menggali informasi seputar biaya Haji ataupun Umroh. Dengan begitu Sahabat Haji dan Umroh akan mengetahui berapa budget yang perlu dikumpulkan untuk dapat mendaftar pelaksanaan ibadah Haji ataupun Umroh.

6. Memilih jasa travel haji atau umroh yang di percaya

Saat Sahabat Haji dan Umroh memilih jasa travel untuk beribadah di Tanah Suci, pastikan terlebih dahulu bahwa jasa travel tersebut memanglah terpercaya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengecek jasa travel terpercaya atau tidak, cobalah dengan memperhatikan ijin resmi pihak travel sebagai penyelenggara haji dari kantor Departemen agama. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah jasa travel tersebut telah terverifikasi.

Dengan mengetahui kejelasan terkait jasa travel dan ijin resminya, maka Sahabat Haji dan Umroh akan terhindar dari penipuan jasa travel atau penggelapan dana haji/umroh. Bagi Sahabat Haji dan Umroh yang hendak mencari jasa travel haji terpercaya dan berpengalaman, maka Sahabat Haji Plus dapat mempercayakannya pada Madinah Iman Wisata travel. Karena paket Haji dan Umroh yang disediakan telah legal dan terverifikasi.

7. Persiapkan Perlengkapan dan kebutuhan selama ibadah Haji atau Umroh

Sebelum melakukan keberangkatan dan melaksanakan ibadah Haji dan Umroh, pastikan bahwa telah mempersiapkan seluruh perlengkapan untuk kebutuhan selama ibadah Haji atau Umroh. Berikut inilah perlengkapan yang perlu dipersiapkan untuk ibadah Haji atau Umroh :

1. Perlengkapan Wajib Haji dan Umroh

  • Pakaian Ihram

Pakaian ihram merupakan pakaian yang dikenakan selama pelaksanaan ibadah haji. Untuk laki – laki, pakaian ihramnya adalah 2 lembar kain berwarna putih yang tidak dijahit. Kain tersebut digunakan untuk menutupi bagian bawah atau aurat dan satunya diselendangkan pada bahu. Sedangkan untuk perempuan, pakaian ihramnya menutupi seluruh tubuh mulai dari rambut hingga telapak kaki kecuali wajah dan telapak tangan. Pakaian ihram untuk perempuan seperti pakaian untuk shalat.

  • Al – Qur’an

Selain pakaian ihram, Al – Qur’an juga wajib untuk dibawa. Karena Al – Qur’an sangat Sahabat Haji dan Umroh membutuhkan selama melaksanakan ibadah di Tanah Suci. Membaca Al – Qur’an di luar waktu aktivitas haji akan dihitung sebagai amalan yang pahalanya luar biasa. Sebab, itu hendaknya Sahabat Haji dan Umroh tak lupa untuk membawa Al – Qur’an. Tak perlu yang berukuran besar, cukup bawa yang ukuran kecil saja supaya lebih mudah dan ringan untuk dibawa.

  • Buku Doa

Perlu Sahabat Haji dan Umroh ketahui bahwa membawa buku kumpulan doa Haji atau Umroh amatlah disarankan. Karena buku ini terbilang penting, mengingat Sahabat Haji dan Umroh sedang berada di tempat yang mustajab terkabulnya doa.

2. Perlengkapan Lain yang Harus Dibawa

Selain perlengkapan wajib, ada pula perlengkapan lain yang perlu Sahabat Haji dan Umroh bawa diantaranya :

  • Perlengkapan dokumen haji
  • Sajadah
  • Sandal
  • Baju ganti bagi laki – laki/perempuan
  • Kerudung (bagi wanita)
  • Kaos kaki
  • Kacamata hitam
  • Perlengkapan komunikasi

8. Persiapkan Fisik yang Prima

Fisik yang prima menjadi salah satu kunci kelancaran pelaksanaan ibadah saat di Tanah Suci. Mengapa demikian? Karena dengan fisik yang prima, Sahabat Haji dan Umroh dapat melakukan semua rangakaian ibadah haji tanpa terkendala fisik yang lemah. Tentunya untuk memiliki kondisi fisik yang prima, Sahabat Haji dan Umroh harus rutin melakukan olahraga. Menurut Kementerian Kesehatan RI, agar tubuh tetap sehat dan bugar setidaknya melakukan olahraga minimal 30 menit perhari. Selain itu, hindari makanan yang menjadi penyebab penyakit seperti makanan manis dan berlemak. Apabila Sahabat Haji dan Umroh mempersiapkannya sesuai anjuran tersebut, insyaallah fisik yang prima akan membersamai sampai keberangkatan menuju ke Tanah Suci.

9. Manasik

Sebelum melakukan keberangkatan ke Tanah Suci, pastinya bagi calon jemaah Haji atau Umroh menjalani kegiatan manasik terlebih dahulu. Manasik Haji atau Umroh adalah peragaan pelaksanaan ibadah haji dan umroh sesuai dengan rukun – rukunnya. Dalam kegiatan manasik ini, calon jemaah akan dilatih tentang tata cara pelaksanaan ibadah Haji atau Umroh yang akan dilaksanakannya. Hal ini meliputi rukun haji, wajib, sunnah hingga hal – hal yang tidak diperbolehkan untuk dilakukan selama Haji dan Umroh.

10. Terapkan Pola Hidup sehat sejak sebelum ibadah Haji atau Umroh

Perlu Sahabat Haji dan Umroh pahami bahwa menerapkan pola hidup sehat sebelum pelaksanaan Haji atau Umroh sangatlah penting. Hal ini bertujuan untuk menjaga imunitas tubuh agar tetap sehat hingga waktu keberangkatan tiba. Salah satu cara untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar ialah dengan berolahraga.

Olahraga yang dilakukan pun tak harus berat. Sahabat Haji dan Umroh dapat melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki beberapa kilometer setiap harinya. Hal ini bertujuan untuk membiasakan diri berjalan kaki, agar pada saat proses pelaksanaan ibadah Haji atau Umroh dapat lebih siap dan tak merasa cepat lelah akibat tubuh telah dilatih lebih awal.

Selain olahraga, Sahabat Haji dan Umroh perlu menjaga pola makan dengan gizi yang seimbang supaya mengoptimalkan tubuh agar tetap sehat hingga hari H keberangkatan ke Tanah Suci.

11. Persiapkan Obat-obatan Umum dan Pribadi

Menjelang persiapan ibadah Haji atau Umroh untuk keberangkatan ke Tanah Suci, hendaknya Sahabat Haji dan Umroh tak lupa untuk membawa obat – obatan pribadi. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi apabila sewaktu – waktu riwayat penyakit yang pernah diderita kambuh. Karena hanya diri sendirilah yang mengetahui kondisi kesehatan. Sehingga, penting untuk mempersiapkannya menjelang keberangkatan ibadah haji yang pelaksanaannya cukup lama dan jauh dari Tanah Air.

Pentingnya persiapan ibadah Haji ataupun Umroh hendaknya dipahami dengan sebaik mungkin oleh Sahabat Haji dan Umroh sekalian sebelum melakukan keberangkatan ke Tanah Suci. Semoga segala persiapan yang dilakukan diberi kelancaran hingga berada di Tanah Suci.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *