Home » Blogs » Ini Rincian Cara Mendapatkan Visa Haji Lengkap dengan Syarat dan Biayanya

Ini Rincian Cara Mendapatkan Visa Haji Lengkap dengan Syarat dan Biayanya

Oleh : 
Haji & Umroh
Ini Rincian Cara Membuat Visa Haji Lengkap dengan Syarat dan Biayanya

Sahabat Haji dan Umroh yang perlu di pahami cara mendapatkan visa Haji bisa jadi hal yang mudah namun jadi terasa sulit oleh sebagian jamaah. Teruntuk Sahabat Haji dan Umroh yang berencana untuk melaksanakan ibadah haji, perlu diketahui bahwa salah satu dokumen wajib yang harus dimiliki adalah visa. Visa merupakan dokumen penting yang menjadi bukti perijinan seseorang untuk memasuki negara tujuan. Visa dikeluarkan oleh negara tujuan yang akan didatangi oleh Sahabat Haji dan Umroh sekalian.

Oleh karena itu, wajib hukumnya bagi calon jemaah Haji untuk mengurus visa sebelum melakukan keberangkatan ke Tanah Suci. Karena apabila Sahabat Haji dan Umroh tak memiliki Visa, maka Sahabat Haji dan Umroh tak diperkenankan untuk memasuki kawasan negara tujuan.

Ingin mengetahui cara mendapatkan visa Haji ? Yuk coba simak berikut ini :

1. Penghapusan Visa Progresif dan ketentuan Baru Visa Haji atau Umroh

Berdasarkan informasi terbaru diketahui bahwa visa progresif yang sebelumnya berlaku bagi jemaah haji ataupun umroh, kini sudah tidak berlaku lagi. Saat ini, dipastikan bahwasannya visa progresif sudah tidak berlaku dan terdapat ketentuan baru perihal Visa Haji atau Umroh.

A. Penghapusan Visa Progresif

Perlu Sahabat Haji dan Umroh ketahui bahwa pemerintah Saudi telah melakukan penghapusan Visa progresif yang selama ini berlaku bagi yang pernah melaksanakan Haji ataupun Umroh. Dikutip dari kemenag go.id. Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh Konjen RI di Jeddah Hery Saripudin yang menyebutkan bahwasannya ketentuan biaya Visa Progresif sebesar SAR 2.000 atau 2.000 riyal telah dihapuskan.

B. Ketentuan Baru Visa Haji atau Umroh

Setelah dilakukan penghapusan Visa Progresif, Pemerintah Arab Saudi menginformasikan ketentuan baru perihal Visa. Peraturan terbarunya ialah terdapat pemberlakuan biaya pengajuan Visa Umroh dalam bentuk Government Fee sebesar SAR 300. Biaya tersebut berlaku untuk pengajuan Visa Umroh, baik yang baru pertama kali melaksanakan, kedua kali dan seterusnya.

2. Prosedur Cara Daftar Haji atau Umroh

Bagi Sahabat Haji dan Umroh yang akan mendaftar ibadah Haji ataupun Umroh, inilah prosedur pendaftarannya :

A. Memiliki Tabungan Haji

Memiliki tabungan haji ialah salah satu prosedur pendaftaran haji yang penting untuk dipenuhi. Untuk memenuhi syarat daftar Haji, Sahabat Haji dan Umroh perlu mempersiapkan dana sejumlah 25 juta rupiah sebagai setoran awal dalam membuka tabungan haji. Setelah melakukan setoran awal, maka selanjutnya akan memperoleh nomor porsi Haji.

B. Melengkapi Surat Pernyataan

Selepas Sahabat Haji dan Umroh membuka rekening, selanjutnya akan diminta untuk melengkapi serta menandatangani surat pernyataan pendaftaran haji. Surat tersebut merupakan surat resmi yang diterbitkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia sebagai syarat daftar haji.

C. Daftar Secara Online

Apabila sudah melengkapi syarat daftar haji dengan memiliki tabungan haji, selanjutnya dapat mendaftarkan diri secara online. Pendaftaran hanya secara online ialah mekanisme pendaftaran haji yang baru diresmikan di tahun 2021 yang dapat diakses melalui sistem informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) milik Kementerian Agama.

D. Melakukan Setoran ke Kementerian Agama

Setelah pendaftaran selesai, Sahabat Haji dan Umroh dapat segera menyetor uang tabungan haji sebesar 25 juta kepada Kementerian Agama. Karena setoran tersebut ialah syarat daftar haji yang perlu dipenuhi demi mendapatkan nomor antrian keberangkatan haji. Pihak Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) selanjutnya akan memberikan nomor rekening tujuan setoran. Apabila telah berhasil, simpanlah bukti setoran sebagai bukti validasi keberangkatan haji nantinya.

E. Mendatangi Kantor Perwakilan Kementerian Agama

Kemudian, Sahabat Haji dan Umroh perlu mendatangi kantor perwakilan Kementerian Agama Republik Indonesia sesuai domisili. Pihak kantor Kementerian Agama nantinya akan memvalidasi seluruh data Sahabat haju dan Umroh yang hendak berangkat haji. Hendaknya Sahabat Haji dan Umroh membawa dokumen syarat haji antara lain :

  • Fotokopi rekening tabungan haji sebanyak 2 lembar
  • Fotokipi KTP sebanyak 5 lembar
  • Fotokopi KK sebanyak 2 lembar
  • Fotokopi akta atau buku nikah sebanyak 2 lembar
  • Fotokopi surat kesehatan ukuran mencantumkan tinggi badan, berat badan dan golongan darah sebanyak 2 lembar
  • Foto ukuran 3×4 sebanyak 17 lembar, ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar. Foto harus 80% wajah dengan latar belakang putih
  • Map untuk menyimpan berkas - berkas, sebanyak 2 buah
  • Lembar validasi dari bank asli sebanyak 4 lembar
  • Surat pernyataab bank (materai) asli 1 lembar
  • Surat kuasa dari bank (materai) asli 1 lembar
  • Slip setoran awal bank Rp 25 juta asli 1 lembar

3. Berkas Persyaratan Untuk Mendapatkan Visa Haji atau Umroh

Persyaratan yang diperlukan untuk mengurus Visa Haji atau Umroh antara lain  :

  1. Paspor asli yang masih berlaku minimal 6 bulan
  2. Kartu Keluarga asli
  3. Buku Nikah asli
  4. Akta lahir bagi anak usia dibawah 17 tahun
  5. Kartu kuning sebagai bukti telah menerima vaksin meningitis
  6. Surat mahram bagi perempuan di bawah 40 tahun, jika tidak didampingi suami atau mahramnya
  7. Pas foto ukuran 4×6 sebanyak 8 lembar dengan latar belakang putih

4. Cara Membuat Visa Umroh

Bagi Sahabat Haji dan Umroh yang berencana mengurus visa, begini cara daftarnya :

  1. Mendaftarkan diri ke pihak jasa travel Umroh yang dipilih dan menyerahkan dokumen persyaratan
  2. Biro perjalanan Umroh akan membuatkan Ministry of Foreign Affairs (MOFA) atau surat konfirmasi yang akan diajukan kepada Kedutaan Besar Saudi Arabia (KBSA) dan pengajuan Visa calon jamaah selanjutnya
  3. Selanjutnya MOFA akan diproses dengan diterbitkan oleh Muassasah atau penyelenggara Umroh di Arab Saudi
  4. Setelah proses pembuatan MOFA selesai, KBSA akan menerbitkan Visa Umroh dan diberikan secara kolektif kepada biro perjalanan Umroh.

5. Durasi dan Cara Pengurusan Haji atau Umroh

Apabila seluruh berkas sudah terkumpul, maka Sahabat Haji dan Umroh dapat langsung mengurusnya melalui jasa travel. Perlu Sahabat Haji dan Umroh ketahui bahwa pada umumnya pembuatan visa Umroh durasi nua sekitar dua hingga tiga minggu. Cepat atau lambat proses pengurusannya dikarenakan beberapa faktor seperti jumlah peserta, jasa travel yang bersangkutan serta KBSA.

Karena pemerintah Saudi Arabia sudah tak melayani permohonan visa, maka jemaah secara individu mengumpulkan berkas pada jasa travel. Berikut cara pengurusannya :

A. Mengirimkan Data, Aplikasi dan Kontrak

Pada tahap ini, jasa travel akan mengirimkan aplikasi dan data jemaah serta kontrak hotel yang berada di Tanah Suci.

B. Penerbitan MOFA

Selanjutnya, MOFA akan diterbitkan dalam jangka waktu 6 jam - 3 hari. Masa berlaku MOFA hanya 2 minggu dari masa penerbitan. Setelah mendapatkan MOFA, selanjutnya diserahkan ke KBSA sekaligus Paspor dan tiket asli yang akan dilakukan penempelan Visa.

C. Penempelan Visa

Pada umumnya proses penempelan visa di KBSA memeelukan waktu kurang dari 1 hari. Setelah ditempel pada paspor, visa akan langsung aktif dan mas aktifnya berlaku hingga 30 hari kedepan.

6. Biaya Pembuatan Visa

Perlu Sahabat Haji dan Umroh ketahui bahwa biaya pembuatan Visa terkadang mengalami perubahan dari peraturan kerajaan Saudi Arabia. Perkiraan dana yang perlu disiapkan untuk biaya pembuatan Visa umroh ialah sekitar 300 riyal atau sekitar 1,1 jt.

Aturan yang Harus Ditaati Pemilik Visa Haji atau Umroh

Perlu Sahabat Haji dan Umroh ketahui bahwa aturan yang harus ditaati pemilik Visa Haji atau Umroh ialah tidak diperbolehkan untuk melakukan aktivitas lainnya diluar ibadah. Sehingga dapat dipahami bahwa pemilik Visa umroh tak diperkenankan untuk melakukan suatu hal yang berhubungan dengan pekerjaan atau bisnis. Apabila diketahui terdapat aturan yang dilanggar oleh pemilik visa maka pemilik visa ataupun jasa travel akan dikenakan sanksi.

Itulah sekilas informasi yang dapat disampaikan terkait cara mendapatkan visa haji. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sahabat Haji dan Umroh yang akan mengurus.

Copyright @ HajiUmroh.co.id - Informasi Haji & Umroh Terlengkap