Home » Blogs » Macam Macam Jenis Paket Haji yang Harus Diketahui Oleh Seluruh Umat Muslim di Indonesia

Macam Macam Jenis Paket Haji yang Harus Diketahui Oleh Seluruh Umat Muslim di Indonesia

Oleh : 
Haji & Umroh

Perlu Sahabat Haji dan Umroh ketahui bahwa di Indonesia terdapat berbagai macam macam jenis paket haji. Tentunya, dari beragam paket haji yang ada pasti memiliki perbedaan yang meliputi biaya, fasilitas dan akomodasi serta waktu tunggu keberangkatan.

Ini 7 Berbagai Jenis Paket Perjalanan Ibadah  Haji yang Harus Diketahui Oleh Seluruh Umat Muslim di Indonesia

Bagi Sahabat Haji dan Umroh hendaknya memilih paket ibadah haji yang sesuai dengan kemampuan dan budget yang sudah dipersiapkan. Sehingga, keinginan untuk dapat melaksanakan ibadah haji tak hanya sebatas wacana saja, namun diupayakan untuk bisa melaksanakannya.

Bagi Sahabat Haji dan Umroh yang ingin mengetahui berbagai jenis paket perjalanan ibadah haji yang ada di Indonesia, yuk simak informasi berikut ini.

Berikut Macam Macam Jenis Paket Haji di Indonesia :

1. Haji Plus

Haji plus merupakan salah satu program Haji resmi yang termasuk dalam kuota pemerintah melalui Kementerian Agama. Namun, kuota haji plus pada umumnya tak sebanyak kuota Haji reguler. Sehingga, jasa travel akan lebih maksimal dalam melayani calon jemaah haji plus. Untuk masa tunggu atau waktu keberangkatan haji plus diketahui sekitar 5 hingga 8 tahun.

Perihal biaya, tentunya Haji Plus dibandrol dengan harga lebih tinggi dibandingkan Haji Reguler. Hal ini dikarenakan disesuaikan dengan fasilitas dan akomodasi yang didapatkan serta waktu tunggu keberangkatan yang lebih cepat dibandingkan dengan Haji Reguler.

2. Haji Furoda

Haji furoda merupakan ibadah haji yang tidak termasuk dalam kuota pemerintah karena Haji furoda ini merupakan undangan langsung dari kerajaan Arab Saudi. Jemaah haji furoda berangkat menggunakan Visa furoda yang dikeluarkan secara khusus oleh kerajaan Arab Saudi tanpa perlu menunggu antrian.

Keberangkatan dapat dilaksanakan di tahun yang sama ketika jamaah haji mendaftar dan menerima visa dari pemerintah Arab Saudi. Bagi Sahabat Haji dan Umroh yang melaksanakan haji dengan paket Haji Furoda harus berangkat melalui Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) atau jasa travel yang telah resmi terdaftar di Kementerian Agama.

Paket Haji Furoda memiliki biaya yang lebih tinggi dibandingkan Haji Plus karena masa tunggu keberangkatan Haji Furoda lebih singkat dibandingkan dengan Haji Plus.

3. Haji Tanpa Antri

Haji tanpa antri merupakan program ibadah haji yang pelaksanaan keberangkatannya tanpa melalui antri. Perlu Sahabat Haji dan Umroh ketahui bahwa Haji tanpa antri ialah program haji yang tidak mengambil jatah kuota Pemerintah. Sehingga, program haji tanpa antri ini memanfaatkan kuota lain yang memang teregistrasi secara legal sebagai jemaah haji, buka berangkat mandiri diluar kuota pemerintah kerajaan Arab Saudi.

Bagi Sahabat Haji dan Umroh yang ingin mengetahui informasi lebih lengkap seputar Haji tanpa antri, Sahabat Haji dan Umroh dapat menghubungi pihak jasa travel yang sudah mendapatkan ijin resmi menyelenggarakan program haji oleh Kementerian Agama.

4. Haji Mujamalah

Haji Mujamalah merupakan salah satu program haji legal yang tidak termasuk kuota haji Pemerintah Indonesia. Bagi calon jemaah haji yang mendaftar program haji mujamalah nantinya visa yang akan didapatkan ialah visa mujamalah yakni bisa undangan langsung dari kerajaan Arab Saudi sehingga tak perlu melalui antri hingga bertahun - tahun.

Perlu Sahabat Haji dan Umroh ketahui bahwa visa mujamalah tidak dikelola secara langsung oleh Kementerian Agama. Namun, para calon jemaah haji harus menggunakan jasa travel yang memiliki afiliasi langsung dengan pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

5. Haji Non Kuota

Haji non kuota merupakan program haji yang keberangkatannya di luar kuota nasional (Haji Reguler dan Haji Plus). Setiap negara memiliki jatah haji yang kuotanya telah ditetapkan dan diterima oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Bagi calon jemaah haji non kuota ini hanya mengandalkan pemberian bisa haji oleh KBSA yang jumlah setiap tahunnya setara dengan haji khusus kuota.

6. Haji Langsung Berangkat

Haji langsung berangkat merupakan program haji yang keberangkatannya dilakukan tanpa perlu mengantri hingga beberapa tahun. Apabila biasanya pemberangkatan haji bergantung pada kuota dan masa tunggu keberangkatan, maka lain halnya dengan program haji ini. Sejumlah program pemberangkatan haji di luar pemberangkatan haji reguler dari Kementerian Agama ini tak perlu melalui proses daftar tunggu dan kuota yang terbatas.

7. Haji Khusus

Haji khusus merupakan program wajib yang diselenggarakan oleh pihak swasta atau yang disebut juga dengan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK). Akan tetapi tak perlu khawatir karena pelaksanaan program wajib khusus ini ditangani oleh pihak swasta atau jasa travel yang berada dalam pengawasan Kementerian Agama.

Untuk biaya haji khusus tentunya dibanderol dengan biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan haji reguler. Karena masa tunggu keberangkatan Haji khusus lebih singkat dibandingkan dengan Haji Reguler. Pada umumnya masa tunggu keberangkatan haji khusus sekitar 5 - 8 tahun. Paket haji ini cocok untuk Sahabat Haji dan Umroh yang ingin segera melaksanakan ibadah haji tanpa menunggu hingga belasan tahun.

Berikut itulah informasi seputar macam macam jenis paket haji. Sahabat Haji dan Umroh dapat memilih paket ibadah haji sesuai dengan kemampuan dan budget yang telah dipersiapkan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya bagi Sahabat Haji dan Umroh sekalian.

Copyright @ HajiUmroh.co.id - Informasi Haji & Umroh Terlengkap